Rumah Minimalis Modern Ala Jepang

Rumah minimalis modern ala Jepang adalah salah satu wujud perkembangan dari desain-desain hunian yang terus berkembang dan dipadu padankan oleh setiap ahli. Rumah dengan model seperti ini memang mempunyai perpaduan modern dan tradisional yang apik mengemas kesan mahal dan unik pada bangunan itu sendiri. Tanpa di sadari, sebenarnya model rumah minimalis yang sudah menjadi idaman di Indonesia, sedikit banyaknya mengambil gaya rumah jepang yang menerapkan kesederhanaan, dinamis dan harmonis. Akan tetapi model rumah minimalis modernpun diberi rasa berbeda sehingga masih terasa modern meskipun dipadukan dengan kekhasan secara tradisional. 

Rumah Minimalis Modern Ala Jepang


Untuk mewujudkan rumah seperti ini, dibutuhkan banyak hal pendukung, mulai dari bentuk bangunan, tata letak, eksterior maupun interior. Jika Anda masih bingung tentang bagaimana model rumah minimalis modern ala Jepang ini di terapkan, mungkin beberapa hal yang menjadi ciri rumah jepang berikut ini bisa memberi penambahan ide untuk Anda.

Rumah minimalis modern ala Jepang antara lain adalah sebagai berikut :

 

Rumah Minimalis Modern Ala Jepang

  • Sliding Door and Window.
Jika anda pernah menonton film doraemon anda akan melihat pintu yang di gunakan menggunakan pintu yang di geser untuk membukanya. Di beberapa film jepang lainnya pun akan anda temukan hal yang sama. Ya, memang sliding door atau pintu geser, yang umumnya di gunakan di jepang, bukan lazimnya pintu tarik atau dorong seperti di indonesia yang  di buka ke arah depan atau belakang. Akan tetapi di jepang, pintu geser ini lebih dominan di gunakan. Selain itu, pintu ini juga mempunyai bahan yang berbeda dari pintu-pintu rumah yang biasa dipakai di indonesia. Jika di indonesia menggunakan hampir 100 % kayu, pintu geser ini lebih menggunakan kaca transparan, atau juga yang sedikit buyar, ini berlaku juga untuk jendela. Jendela geser di gunakan untuk rumah-rumah jepang, dan bingkai jendela yang biasa menggunakan kayu di ganti dengan bahan alumunium. 


  • Bentuk Rumah
Untuk desain rumah yang mengambil gaya jepang, bentuk rumah nampak seperti rumah panggung yang banyak di temui di Indonesia. Namun untuk rumah ini mempunyai model yang agak berbeda seperti rumah yang terkesan agak menjorok ke belakang, kemudian atap yang agak datar tidak mempunyai kemiringan yang terlalu seperti rumah panggung di indonesia. Berikut ini adalah salah satu contohnya. 


Rumah Minimalis Modern Ala Jepang

  • Interior.
Ini adalah salah satu hal yang memang sangat berpengaruh dalam sebuah rumah. Interior banyak membawa pengaruh suasana dan rasa terhadap sebuah rumah. Bagi Anda yang ingin menerapkan beberapa signifikan gaya misal Eropa, India, atau Jepang. Interior ini adalah bagian pendukung penting untuk membawa suasana gaya rumah menjadi nyata dengan gaya yang kita pilih. Inipun berlaku diperhitungkan dalam rumah ala jepang. Furniture dalam rumah jepang lebih menerapkan rasa kealamian dengan menggunakan kayu cadar sebagai salah satu bahan untuk dinding, sedangkan lantai lebih menggunakan corak seperti bambu. Furniture yang digunakan kebanyakan berbahan rotan. Kemudian tempat makan menggunakan meja rendak dengan bantal  yang menjadi khas rumah Jepang. 

 

Rumah Minimalis Modern Ala Jepang

  • Rak Sepatu
Selain itu, yang menjadi ciri lainnya yaitu rak sepatu yang di tempatkan setelah pintu masuk. Ini di maksudkan memisahkan urusan luar dengan kesibukan yang ada di rumah. Selain itu toilet dan wastapel ala Jepang biasanya terpisah seperti tempat untuk mencuci dan untuk mandi.
  •  Warna
Warna dalam rumah ala Jepang biasanya menggunakan warna putih dan hitam. Ini di ambil sesuai dengan simbol yinyan yang masyarakat Jepang sangat percaya akan filosofinya. 

Demikian beberapa ciri-ciri rumah Jepang yang bisa Anda aplikasikan pada rumah minimalis modern ala Jepang impian Anda. Jangan lupa untuk menempatkan furniture dan dekorasi pada interior rumah impian Anda tersebut.