Cara membuat desain rumah yang bagus

Desain yang baik tidak harus mahal adalah salah satu hal yang perlu kita perhatikan bila kita ingin membuat  desain rumah yang bagus. Mengapa hal ini penting kita utarakan? banyak pemilik rumah yang beranggapan bahwa desain yang bagus adalah desain yang dibuat dengan harga yang mahal. Hal ini membuat banyak pemilik rumah mempercayakan desain rumahnya pada arsitek maupun tenaga profesional lainnya tanpa ragu mengeluarkan banyak uang. Padahal, tak selalu harga yang mahal menjadi patokan untuk membuat kita mendapatkan desain rumah yang mampu membuat kita merasa nyaman, aman, dan damai.



Pada dasarnya, ada beberapa hal yang bisa kita wujudkan untuk membuat desain rumah yang bagus dan berikut adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan.

  1. Keseimbangan - ada beberapa jenis keseimbangan yang perlu kita ketahui sebelum memilih dan menerapkannya pada rumah. Pertama, keseimbangan simetris yang biasanya bisa kita temukan pada interior tradisional yang ditandai dengan pengulangan obyek yang sama dengan posisi yang sama di kedua sisi sumbu vertikal. Kedua, keseimbangan asimetris yang cenderung lebih santai namun sulit untuk dicapai dimana ini ditujukan untuk mendapatkan desain interior yang lebih hidup dan membuat daya tarik ruangan makin menonjol. Ketiga, simetri radial yaitu keseimbangan dimana semua elemen desain tersusun di sekitar titik pusat. Bila digunakan dan diterapkan dengan tepat, keseimbangan ini mampu memberikan tampilan yang menarik pada house design secara keseluruhan. 
  2. Titik fokus - pastikan kita menghadirkan titik fokus yang mampu menarik perhatian siapapun dengan mempertimbangkan skala, warna, tema, dan gaya ruangan. Sebuah titik fokus harus bisa berperan secara dominan dan menarik perhatian sehingga kita tidak akan mendapatkan pemandangan yang membosankan dari suatu ruangan. 
  3. Irama - artinya, kita harus bisa menghadirkan sebuah irama yang indah untuk membuat tampilan suatu ruangan makin menawan. Irama bisa dimunculkan dengan menghadirkan tema yang sesuai dengan mempertimbangkan pengulangan (penggunaan elemen seperti pola, warna, garis, atau tekstur yang sama lebih dari satu kali), kemajuan (meningkatkan kualitas suatu elemen dengan memperhatikan ukuran, warna, dan lainnya), transisi (mampu menghadirkan sebuah aliran yang halus antara satu ruangan dengan lainnya dengan menggunakan bantuan penggunaan garis melengkung dan lainnya), dan kontras (menempatkan dua elemen yang saling bertentangan untuk menghadirkan tampilan yang lebih eye catching). 



Hal penting lainnya yang musti kita perhatikan untuk membuat desain rumah yang bagus adalah memastikan setiap rincian dari desain itu sendiri. Kita tentunya tak ingin membuat siapapun yang memasuki sebuah ruangan terlihat bosan dengan tampilan ruangan tersebut. Untuk itu, kita musti memperhatikan dengan cermat setiap rincian yang digunakan mulai dari warna, desain, gaya, dan lainnya. Selain memastikan rincian desain, kita juga harus memperhatikan skala atau proporsi dari suatu item dalam rangka membuat tampilan ruangan terlihat harmonis dan menawan. Kita juga wajib memperhatikan warna yang digunakan dalam rangka menghadirkan desain rumah yang bagus. Seperti kita ketahui, warna memiliki dampak yang sangat signifikan pada suasana dan tampilan suatu ruangan sehingga harus kita pilih dengan hati-hati.



Semoga menambah inspirasi anda dan semoga bermanfaat, terimakasih.